KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Cara Membuat Kolam Terpal Sederhana Terbaik

Cara Membuat merupakan kolam pembudidayaan biasanya dikarenakan keterbatasan lahan pada umumnya dilakukan didaerah lahan sempit seperti perkotaan.


Pembuatan kolam terpal bagi petani yang tidak mempunyai lahan dan biaya untuk menggali kolam tanah, dengan cara ini bisa menghemat  biaya dalam membuat kolam terpal. 


Dan bagi petani yang memiliki modal yang besar dan ingin mendapatkan hasil yang baik dengan kualitas bagus serta tidak dipersulitkan dengan mengganti tiap tahun kolam terpal, sehingga membuat kolam tanah yang relatif selamanya digunakan .


 Kolam terpal sering dibudidayakan ikan lele, nila dan gurame, karena ikan ini usia berapapun selalu ada permintaan pasar, oleh sebab itu untuk memudahkan mengambil ikan kebanyakan pembudidaya menggunakan kolam terpal. Berikut Cara Membuat Kolam Terpal Sederhana :

cara saluran pembuangan pada kolam terpal, cara membuat kolam terpal ukuran kecil, cara membuat kolam terpal di atas tanah, cara membuat kolam terpal dengan bambu, cara membuat kolam terpal sederhana, cara membuat kolam terpal ikan nila, cara membuat kolam terpallele sangkuriang.
Cara Membuat Kolam Terpal Sederhana

A. Siapkan Alat-alat dan Bahan

- Bambu yang sudah dipotong kecil-kecil panjang 5 m @ 12 bh, lebar 3 m 12 bh.- Patok dari Bambu atau kayu yang kuat 12 bh- Sekam Padi @ 2 karung besar- Tali Kawat 1 roll-  Gergaji- Palu- Golok- Linggis

1. Pembuatan Patok



Untuk membuat rangka kita bisa menggunakan bambu atau kayu yang kuat agar tidak goyah pada musim hujan, pilihlah kayu yang tahan air diwaktu hujan.


2. Membuat Pagar

Gunakanlah bambu anyam atau bambu Reng yang sudah dihaluskan, Bambu yang sudah dihaluskan kemudian disusun dengan ketinggian 5 cm antar jarak bambu yang diatasnya kemudian paku, ini untuk dinding kolam sekaligus sebagai tolak ukur ketinggian air.buat lah dengan ketinggian 50 cm.

3. Terpal

Biasanya saya menggunakan terpal dengan merk Lumba-lumba karena tahan dari sinar matahari, namun bisa dikondisikan dengan kesukaan.terpal ukuran 4 X 6 m karena kita akan membuat kolam ukuran 3 X 5 m.Sebelum digunakan cuci terdahulu agar bahan kimia yang terdapat pada warna terpal hilang.


4. Sekam Padi

Digunakan sebagai alas kolam sebelum dikasih terpal, diperuntukan apabila tekanan air besar tidak menekan kebawah yang bisa jadi ada kerikil sehingga terpal bocor. ataupun disaat menguras maupun memanen ikan kita terjun langsung keterpalnya.



5. Perawatan

Setiap 3 hari atau seminggu sekali air kolam kurangi dengan selang atau shif pon agar kotoran bisa terbuang dan tidak menimbulkan penyakit.Kemudian isi kembali sebanyak 2 atau 3 ember air, bisa air klam atau air sumur untuk menambahkan.



B. Cara Pembuatan

cara saluran pembuangan pada kolam terpal, cara membuat kolam terpal ukuran kecil, cara membuat kolam terpal di atas tanah, cara membuat kolam terpal dengan bambu, cara membuat kolam terpal sederhana, cara membuat kolam terpal ikan nila, cara membuat kolam terpallele sangkuriang.
Pemasangan Patok dan Pagar Kolam

1. Ukurlah panjang lebar untuk kolamnya, kemudian buatlah lubang sedalam 30 cm menggunakan linggis.kemudian pasang rangka/ patok dan tanam yang kuat.


2. Bambu yang dipotong tipis ukuran 5 cm dan haluskan. untuk panjang dan lebar buat masing-masing 10 buah, kemudian buat lah seperti membuat pagar/ dinding. Kemudian pasang bambu tersebut yang sudah dihaluskan kemudian disusun dengan ketinggian 5 cm antar jarak bambu yang diatasnya kemudian paku, ini untuk dinding kolam sekaligus sebagai tolak ukur ketinggian air.buat lah dengan ketinggian <50 cm.



3. apabila untuk pembuatan dinding sudah jadi maka satukan dengan rangka/ patok yang sudah dipasang tadi, kemudian ikat dengan kawat.



4. Dasar atau alas yang akan dipasang terpal bersihkan terlebih dahulu dari bebatuan serta kerikil yang ada, tarohlah sekam padi dan ratakan .



5. Pasang Terpal pada rangka yang sudah jadi, kemudian ikat dengan kawat tali, rapikan terpal usahakan jangan ada lipatan atau agar tidak menjadi tempat tumbuh bakteri atau virus.



Demikian Cara Membuat Kolam Terpal Sederhana ini Selamat membuat dan berkreasi, ini hanya sekedar tukar pengalaman saja, apabila ada kekurangan saya mohon maaf dan kasih masukan. kritikan anda membangun saya lebih baik lagi, Ada pun artikel yang perlu di simak lagi yaitu budidaya tentang Kekurangan dan Kelebihan pada Kolam Terpal Terbaik.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Membuat Kolam Terpal Sederhana Terbaik"

http://digitaljv.com/ref=Dedi&p=buy&item=46

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top