KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Kekurangan Dan Kelebihan Pada Kolam Terpal TERBAIK

kelebihan dan kekurangan kolam tembok, kelebihan dan kekurangan kolam tanah, cara membuat kolam ikan terpal, cara membuat kolam terpal ikan nila, kelebihan dan kekurangan ikan lele, resensi budidaya ikan nila di kolam terpal, kelemahan ikan nila, kelebihan dan kekurangan ikan mas.
Kekurangan Dan Kelebihan Pada Kolam Terpal

Kekurangan dan Kelebihan Pada Kolam Terpal, yang biasa ditemui oleh para petani ikan itu banyak yang perlu dibahas dan diketahui, karena kolam terpal sangat populer untuk tempat pembudidaya saat ini.



Dari pembuatan kolam terpal banyak petani ikan meraih kesuksesan karena bisa menghemat biaya dan mudah saat memanen juga dapat ditempatkan pada lahan yang sempit, namun pasti ada kelebihan ada juga kekurangannya. nah, kita akan membahas tentang Kekurangan Dan Kelebihan Pada Kolam Terpal. 

Kekurangan Pada Kolam Terpal

1. Tidak Awet

Terpal terbuat dari plastik yang mudah lapuk dalam jangka waktu kurang lebih 2-3 tahun, dibandingkan dengan kolam tanah maupun tembok.Mudah sobek bila tertusuk benda keras ataupun tajam. Sering dibersihkan daaari lumut dan gangga yang menempel pada dasar dan dinding terpal.


2. Tidak tersedianya Pakan alami

kolam tanah dapat menghasilkan pakan alami untuk ikan, yang banyak menganduk mineral dan nutrisi untuk kebutuhan ikan dalam pertumbuhan. Tanah merupakan media penstabil ion-ion dalam air, disaat air kekurangan ion mineral maka tanah akan membuatnya dan apabila ion dalam air itu berlebih maka tanah akan mengikatnya.


3. Kadar air dalam kolam Cepat Rusak dan Bau

Apabila memberikan pakan yang berlebih maka pakan tersebut tidak terurai karena tidak adanya bakteri pengurai,sehingga cepat bau disebabkan proses pembusukan . Proses pembusukan tersebut membutuhkan oksigen sedangkan proses pembusukan membutuhkan waktu yang lama sehingga kadar oksigen dalam terpal lama kelamaan akan habis.


4. Mudah Rusak/ Bocor

Jauhkan dari benda-benda yang lancip karena bisa jadi menusuk ke kolam terpal, pembuatan saluran pembuangan juga harus rapat jangan sampai ada yang berlobang walau sedikit karena air akan menekan keluar. Pakan yang berlebih juga akan mengundang hewan pengerat seperti tikus, tikus akan memakan apa saja yang dianggap makanannya sehingga terpal akan mengunyah membuat terpal menjadi bocor.


Kelebihan Dari Kolam Terpal

1.Suhu

Sekam padi yang ada sebagai alas kolam , sekam di siram dengan air sebelum dipasang terpal. Pada musim kemarau sekam tersebut akan membusuk dan menghasilkan panas alami yang mampu memberikan suhu yang optimal. Disaat musim hujan air bisa dikurangi agar tidak terlalu dingin dan tidak merusak terpal, disaat musim kemarau tambahkan air agar ikan tidak kepanasan dengan suhu tinggi.


2. Mengatasi Kekurangan Air

Tidak usah kuatir bagi tempatnya yang tidak dilalui saluran irigasi, karena kolam terpal bisa digantikan dengan air sumur ataupun air bos, namun di diamkan terlebih dahulu selama 2-3 hri agar kadar air yang mengandung kaporit atau senyawa air yang beracun cepat normal.


3. Terhindar dari Predator

Pemangsa ikan seperti ular , kepting ( Yuyu ), Biawak, tidak ada bahkan jarang ditemui pada kolam terpal.karena pondasi kolam terpal yang tidak digali tanahnya, hanya memakai patok dari bambu dengan ketinggian 50 cm.


4. Kematian dan Daya Hidup Lebih Tinggi

Karena kolam terpal lebih terkontrol dari segi kualitas air dan juga terhindar dari predator kelangsungan hidup ikan budidaya kolam terpal sangat tinggi, terbukti petani ikan bisa mencapai 99 % ikannya berhasil dibudidayakan.


Semoga bermanfaat untuk Pembudidaya Pada Kolam Terpal, Maju Terus Perikanan Indonesia !!! simak juga artikel kami tentang Jenis- jenis Gurame Budidaya.

Kata Kunci kolam terpal :
Jual kolam terpal| cara membuat saluran pembuangan pada kolam terpal| kolam terpal ikan nila| kolam terpal lele| kolam terpal gurame| jual kolam terpal siap pakai| kolam terpal bulat| pengertian kolam terpal.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Kekurangan Dan Kelebihan Pada Kolam Terpal TERBAIK"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top