KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Ciri Ikan Arwana Merah ( Schelerepages Formosus )

Sebelumnya mungkin saudara sudah tahu dan mengenal bahkan ada juga yang sudah memelihara ikan Arwana merah, namun masih ada juga sebagian yang belum mengenal ciri dan juga habitat atau kebiasaan ikan ini.


Ciri Ikan Arwana Merah ( Schelerepages Formosus )
Schelerepages Formosus
Arwana merah nama latinnya Schelerepages Formosus adalah ikan tua yang dilindungi dengan undang- undang tahun 1990, yang berisi larangan bagi masyarakat untuk mengumpulkan dan memperjual belikan ini, nah loh kenapa bisa di lindungan juga gak boleh di jual belikan. Namun demikian ikan ini banyak dipelihara secara luas dan diekspor berdasarkan kuota dibawah rekomendasi yang dikeluarkan CITES atau Konvensi Perdagangan Internasional atas satwa langka. Arwana memiliki ciri tubuh yang tipis akan tetapi sangat padat. Ikan ini memiliki ciri khas pada mulutnya yang besar dan miring dan memiliki dua gelembung didagunya dan badanya dilapisi dengan sisik -sisik yang besar.

Ikan Arwana ini memiliki badan yang berwarna hijau perak. Siripnya berwarna hijau kuning dengan bayangan merah, Arwana merah panjangnyadapat mencapai hingga 120 cm. Arwana betina yang telah dewasa memiliki ukuran badan yang lebih besar dari pejantan, sedangkan yang jantan memiliki rahang bawah yang lebih memanjang dan memiliki sirip ekor yang lebih besar dari pada arwana betina. Jenis ini hidup di air sungai yang dibendung dan kolam yang dangkal yang kaya dengan tanaman-tanaman. Ikan ini termasuk ikan karnivora, makanannya adalah makanan hidup.

Ikan ini hidup berkelompok pada saat masih muda dn pada saat dewasa bersifat teritorial ( Menguasai daerah nya ). Arwana jantan membawa telurnya didalam mulut hingga telur itu menetas. Didalam , arwana hanya dapat hidup bersama dengan ikan -ikan bsar yang tenang. Ikan arwana merah dapat ditemukan di malaysia, kepulauan indonesia, muangthai, vietnam dan thailand. Ikan arwana merah merupakan komoditi komersial dan harganya sangat mahal, di indonesia jenis ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1845 di kalimantan barat.

Demikian tentang artikel Ciri Ikan Arwana Merah, semog menjadi bahan pengetahuan tentang ikan ini.Adapun artikel yang membahas tentang Ikan Garbus

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ciri Ikan Arwana Merah ( Schelerepages Formosus )"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top