KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Tahukah Sang Penemu Angka N0L

Tahukah Sang Penemu Angka N0L
Muhammad bin Musa Al Khawarizmi
Disemua mata pelajaran yang dulu kita belajar dibangku sekolahan, bahwa semua penemu yang menggemparkan dunia seperti penemu pesawat terbang, penemu lampu, penemu telepon yaitu Abraham Bell. Nama- nama tersebut merupakan orang kawasan barat dan mengklaim gudangnya sumber ilmu pengetahuan. Namun sebenarnya yang menjadi gudangnya ilmu pengetahuan adalah bangsa arab ( Timur Tengah ).

Anak sekolah sudah di cuci otaknya oleh matapelajaran yang berkiblat pada bangsa arab, pasti para pelajar mungkin sudah  mengenal Leonardo Fibonacci yang dikenal sebagai ahli matematika aljabar, namun ternyata hasil pemikirannya sangat dipengaruhi oleh ilmuwan muslim yang bernama Muhammad bin Musa Al Khawarizmi, sedangkan Leonardo Fibonacci sekedar menambahkan dan dia mengakui hasil tulisannya bersumber pada Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Beliau seorang tokoh yang dilahirkan di Irak ( Khiva ) pada tahun 780. Beliau juga menetap di Qurubulli sebelah barat Bagdad.

Muhammad bin Musa Al Khawarizmi selain ahli matematika juga sorang ahli geografi, sejarah dan musik. Karya- karyanya dalam bidang matematika dibukukan dalam kitab Kitabul Jama wat Tafriq dan Hisab al Jabar wal Muqabla.Buku inilah yang menjadi rujukan atau refernsi para ilmuwan barat seperti Leonardo Fibonacci serta Jacob Florence.

Tahu kah bahwa Muhammad bin Musa Al Khawarizmi inilah yang menemukan angka nol ( 0 ) yang hingga kini dipergunakan. Ratusan tahun yang lalu, manusia hanya mengenal angka 9 lambang bilangan yaitu 1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9. Kemudian datang lah nol ( 0 ) sehingga bilangan menjadi 10 .
Para pelajar dan mahasiswa sampai sekarang merasa kebingungan apabila bertemu pelajaran angka nol, mengapa ? Bukankah bilangan nol itu mewakili sesuatu yang tidak ada dan yang tidak ada itu ada, yakni nol.

Kebingungan seperti ini apabila kita menemukan bilangan nol dalam pelajaran matematika selalu ada ide yang aneh, contohnya jika angka yang dikalikan dengan nol ( 0 ) ,maka hasilnya akan nol begitu juga angka nol di bagi maka hasilnya tak terhingga.

Angka 0 apabila berada diawal bbilangan tidak mempunyai nilai atau kata lain tidak berharga, namun apa bila diawali dengan bilangan selain nol seperti 1,2,3.....dst kemudian di ikuti oleh angka nol akan mempunyai nilai yang sangat besar dan angka nol sangat powerfull. Bahaya dan rintangan angka nol adalah apabila disela- selanya ada titik atau koma.

Bilangan deret 0 sampai 9 maka akan kembali ke 0, dan bila sampai menembus angka nol ketemu dengan angka -1, -2. -3....dst.Kalau kita sambungkan dengan kehidupan kita awal terlahir dari 0 titik bersih dari segala dosa kemudian beranjak ke anak- anak, remaja, dewasa, tua dan mati. seperti angka awal dari o hingga 9 titik akhir setelahnya 0 kembali, kehidpuan pun seperti bilangan andai sudah punjaknya angka 9 dan ingin menaikkan ketingkat berikutnya akan menemui angka negatif . Kita bersyukur kepada sang penemu angka 0 Muhammad bin Musa Al Khawarizmi hingga sampaia sekarang dipakai diseluruh dunia.

Demikian ulasan tentang Sang Penemu Angka nol ( 0 ), adapun artikel lain yang bisa anda baca yaitu Cek Resi TIKI, JNE Dll Lebih mudah All in One

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tahukah Sang Penemu Angka N0L "

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top