KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

8 Langkah Dasar Berinvestasi Meraih Kesuksesan

8 Langkah Dasar Berinvestasi Meraih Kesuksesan | Mas Dedi
Kunci Sukses Berinvestasi

Setiap orang ingin memiliki materi/ finansial yang cukup. Salah satu jalanya adalah berinvestasi. Namun, masih banyak masyarakat yang merasa bingung bagaimana cara untuk memulainya. 

Berikut langkah dasar memulainya :

  • Pahami tujuan investasi itu, misalnya untuk dana pendidikan atau dana pensiun. Lalu berapa lama jangka waktu berinvestasi, misalnya jangka pendek 1 tahun, jangka menengah atau jangka panjang. Tujuan ini akan membantu anda, dalam memilih instrumen innvestasi jikatujuannya relatif pendek misalnya kurang dari 1 tahun, sebaiknya hindari investasi di emas atau properti. Sebab, emas cocoknya untuk jangka panjang. Sedangkan properti cenderung likuid. Saham mungkin cocok untuk kebutuhan jangka pendek ini. Namun jika investasi untuk jangka panjang, semua innstrumen investasi dapat anda pilih.

  • Kenali profil resiko anda, apakah termasuk tipikal konservatif, moderat, atau agresif.

  • Pelajari alternatif investasi yang tersedia, misal saham A lihat sejarah dan kondisi perusahaan serta trend 10 -20 tahun terakhir dan lain - lain dan bandingkan dengan saham sejenis.

  • Pahami resiko yang berkaitan dengan setiap alternatif investasi. Khusus untuk saham, berapa resiko yang muncul antara lain tidak mendapat dividen, capital loss, perusahaan bangkrut atau dilikuidasi, saham di delist dari bursa ( delisted ), atau disuspend oleh pihak bursa.

  • Tentukan batas investasi sesuai kemampuan keuangan anda. Jangan besar pasar dari pada tiang. Sebaliknya, dana investasi berasal dari uang lebih setelah kebutuhan pokok terpenuhi,

  • Tentukan strategi investasi anda.

  • Manfaatkan jasa profesional apabila belum memahami wahana investasi. Saat ini banyak sekali para profesional yang memiliki keahlian investasi. Namun anda juga perlu mencermati track record mereka. Sering -seringlah bertanya dn dengar kanan kiri agar mendapat informasi yang lengkap tentang mereka.

  • Pertahankan tujuan anda jangan emosional dan serakah, ambil keuuntungan yang cukup dan pertumbuhan yang signifikan.


Investasi yang cock untuk pemula sebagai berikut :

pilihan investasi bagi pemula, langkah langkah berinvestasi di pasar modal, dasar dasar keputusan investasi, proses investasi, memulai investasi emas, investasi untuk mahasiswa, cara investasi reksadana di bank mandiri,


Demikian langkah dasar dalam berinvestasi, semua tergantung diri anda apakah emosional anda bisa dikendalikan atau tidak. Karena Berinvestasi yang paling susah adalah penendalian diri anda sendiri.Adapun artikel yang wajib di baca yaitu Inidia Cara Resmi Trading Saham untuk Pemula

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "8 Langkah Dasar Berinvestasi Meraih Kesuksesan"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top